Website kami telah dipindahkan ke alamat https://www.smkn1-tng.sch.id

Pengumuman Website kami telah dipindahkan ke alamat yang baru yaitu smkn1-tng.sch.id

Akreditasi 2015

Pekan ini SMK Negeri 1 Kota Tangerang mendapat kunjungan asésor dari Badan Akréditasi Sekolah untuk mengakréditasi kompeténsi keahlian Multimédia, Téknik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, serta Pemasaran.

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentuksn kelayakan dan kinerja sekolah. Dasar hukum akreditasi sekolah utama adalah : Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturana Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002.

Akreditasi sekolah bertujuan untuk :

  • menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan
  • memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah

Fungsi akreditasi sekolah adalah :

  • untuk pengetahuan, yakni dalam rangka mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah,
  • untuk akuntabilitas, yakni agar sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan
  • untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.

Prinsip – prinsip akreditasi yaitu :

  • objektif, informasi objektif tentangg kelayakan dan kinerja sekolah,
  • efektif, hasil akreditasi memberikan informasi yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.
  • komprehensif, meliputi berbagai aspek dan menyeluruh, memandirikan, sekolah dapat berupaya meningkatkan mutu dengan bercermin pada evaluasi diri, dan
  • keharusan (mandatori), akreditasi dilakukan untuk setiap sekolah sesuai dengan kesiapan sekolah.

Akreditasi sekolah mencakup penilaian terhadap sembilan komponen sekolah, yaitu:

  1. Standar Isi.
  2. Standar Proses.
  3. Standar Kompeténsi Lulusan.
  4. Standar Pendidik dan Kependidikan.
  5. Standar Sarana dan Prasarana.
  6. Standar Pengelolaan.
  7. Standar Pembiayaan.
  8. Standar Penilaian.

Masing-masing kompoenen dijabarkan ke dalam beberapa aspek. Dari masing-aspek dijabarkan lagi kedalam indikator. Berdasarkan indikator dibuat item-item yang tersusun dalam Instrumen Evaluasi Diri dan Instrumen Visitasi.